Perjalanan di Swiss: Satu Hari di Zürich

Hei sahabat Travelistador! Buat kamu yang lagi bikin rencana jalan-jalan ke Eropa terutama ke Swiss, sudah harus masuk checklist banget buat berkunjung ke kota yang merupakan pusat perekonomian di negeri penghasil coklat dan jam tangan ini. Yeay, Zürich! Zürich adalah kota terbesar di Swiss, namun bukanlah ibukota negaranya. Ada apa aja sih yang membuat Zürich patut disambangi? Berikut adalah catatan saya.

Flughafen Zürich (Zurich Airport) – ZRH

Flughafen Zürich / Zurich Airport

Kenapa sih kok bandar udara ini saya ulas dan apa yang membuatnya begitu spesial? Karena bandara ini selalu masuk daftar 3 bandara terbaik di Eropa dan 10 bandara terbaik di dunia (cek websitenya Skytrax deh!). Buat sahabat Travelistador yang datang ke Eropa dan mendarat di Zurich Airport, pasti bakal senang sekali karena bandara ini mudah untuk dijelajahi. Jangan khawatir karena bahasa Jerman yang dipakai di sini, karena hampir seluruh fasilitas di bandara ini terdapat terjemahan bahasa Inggrisnya sehingga mudah dipahami, dan boleh dikatakan bahasa Inggris dimengerti oleh kebanyakan orang di sini. Di bandara ini terdapat stasiun keretaapi yang menghubungkan bandara dengan pusat kota Zürich dan ke kota-kota lain seperti ke Genève (Jenewa), Bern, Basel, Luzern, bahkan hingga ke Konstanz dan München (Munich) di Jerman.

Zürich Hauptbahnhof / Zurich main train station

Koneksi lebih lanjut dapat dilakukan di stasiun keretaapi utama kota Zürich (Zürich Hauptbahnhof / Zürich HB) menuju kota-kota lainnya di Swiss dan juga ke kota-kota besar lainnya di Eropa seperti Milan, Paris, Frankfurt, Berlin, Hamburg, Praha, Vienna dan Budapest.

Grossmünster & Fraumünster

 

Fraumünster
img_3910
Grossmünster

Dua dari sekian banyak gereja di seantero negeri, yang paling populer di Zurich yaitu Grossmünster dan Fraumünster. Menurut kisah dan sejarahnya, kedua gereja ini dibangun ketika zaman Kekaisaran Suci Romawi (Holy Roman Empire). Kabarnya, Grossmünster dibangun ketika Charlemagne (Karolus Magnus) berkuasa sebagai Kaisar Romawi pertama, kemudian Fraumünster dibangun di zaman Louis II berkuasa, yang mana ialah cucu dari Charlemagne. Lokasinya berseberang-seberangan dipisahkan Sungai Limmat di kota Zurich.

 

Bahnhofstrasse

Zürich HB – Bahnhofstrasse entrance

Buat sahabat Travelistador yang sukanya belanja, jangan sedih. Persis setelah kalian keluar dari stasiun keretaapi bakal lihat satu jalan raya yang hanya dilewati tram, dan jala ini namanya Bahnhofstrasse, secara harafiah artinya “Jalan Stasiun”. Selamat datang di surga belanja kota Zurich! Di sini ada banyak toko-toko merk ternama seperti Louis Vuitton, Hermès, Gucci, Prada, Chanel, dan masih banyak lagi. Ada juga department store yang menjual berbagai ragam pakaian dan pernak-pernik serta ada juga toko yang menjual souvenir khas Swiss.

Bahnhofstrasse ini lumayan panjang, berawal dari stasiun keretaapi melintang ke selatan hingga ke satu tempat bernama Bürkliplatz, yang berhadapan langsung dengan Danau Zurich. Jarak tempuh dengan berjalan kaki kira-kira bisa sekitar 20-25 menit dengan berjalan santai.

Hiltl  (Sihlstrasse 28, 8001 Zürich)

Ada sebuah restoran yang khas di Zurich yang letaknya tidak terlalu jauh dari Bahnhofstrasse, namanya Hiltl. Ini adalah restoran vegetarian, namun rasanya begitu bervariasi. Restoran ini menghidangkan makanannya secara prasmanan (buffet), sehingga pelanggannya boleh mengambil porsinya dengan sesuka hati. Setelah itu, makanan akan ditimbang dan harganya akan ditunjukkan setelah proses penimbangan makanan. Makanan vegetarian yang disajikan tidak hanya berupa salad, namun juga banyak lagi yang lainnya seperti semacam kroket / bitterballen, dimsum, wakame (rumput laut), quinoa dan juga dolma (nasi yang dibalut daun anggur). Rasanya mengagumkan, enak dan gurih sekali, dan pasti sehat. Restoran ini selalu penuh pengunjung, sekalipun tidak murah. Perlu sahabat Travelistador ketahui, bahwa restoran ini ikut ambil andil dalam pengaturan menu vegetarian di maskapai penerbangan nasional negerinya, yakni SWISS International Air Lines. Di jalan utama ini, ada sebuah toko buku yang namanya Orell Füssli, yang sejauh saya telusuri, ini merupakan satu-satunya toko buku yang menyediakan buku berbahasa Inggris di wilayah Swiss yang berbahasa Jerman.

Zürichsee (Lake Zurich)

Zürichsee / Lake Zurich

Danau Zurich terlihat berbentuk seperti bulan sabit jika dilihat dari atas udara. Danau ini merupakan salah satu danau terluas di Swiss, yang luasnya sekitar 88 km². Danau Zurich berbatasan dengan 3 kanton: Zürich, Schwyz dan St. Gallen. Ada satu obyek wisata bernama Uetliberg, yang merupakan nama puncak bukit gunung yang tidak terlalu jauh dari kota Zurich. Dari puncak Uetliberg, kita bisa melihat kota dan danau Zurich dari ketinggian.

Perjalanan di Swiss sepertinya gak lengkap ya tanpa beli coklat. Kalau sempat ke Zürich, jangan lupa beli coklat Sprüngli. Merk ini khas dari Zürich dan tokonya tersebar di seluruh kota, bahkan di stasiun Zürich HB sekalipun. Salah satu tokonya yang cukup terkenal berada di pojok perempatan Bahnhofstrasse dan Paradeplatz.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s